Mengenai Saya

Foto saya
slumbung,ngadiluwih,kediri, jawa timur, Indonesia
AKU ANAK SULUNG DARI 5 SAUDARA

AHLAN WA SAHLAN

AHLAN WA SAHLAN
BI KHUDURIKUM....................!!!!!!!!!!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA,DI BLOG SAYA YANG SEDERHANA INI....
BLOG INI SAYA PERSEMBAHKAN UNTUK KEDUA ORANG TUA SAYA.....
IBU DAN BAPAK SAYA TERCINTA...
MAAFKANLAH ANAKMU YANG SERING NYUSAHIN INI...
SERTA ORANG ORANG TERDEKAT SAYA......
SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT...!!!!!
AMIN.....!!!!


Sabtu, 05 Maret 2011

jamaah dg anak kecil


Sholat jamaah imamnya sudah baligh sedangkan makmumnya belum baligh atau sebaliknya itu sholatnya sah atau tidak ?
Jawab :
Sholat kita dengan anak yang belum baligh(baik sebagai imam atau ma'mum) dihukumi sah dengan syarat  si anak sudah mumayyiz
كفاية الأخيار - (1 / 131)
 وأما جواز الاقتداء بالصبي فلأن عمرو بن سلمة رضي الله عنه كان يؤم قومه على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو ابن ست أو سبع سنين نعم البالغ أولى من الصبي وإن كان الصبي أفقه وأقرأ للإجماع على صحة الاقتداء به بخلاف الصبي ولأن البالغ صلاته واجبة عليه فهو أحرص بالمحافظة على حدودها وكلام الرافعي يشعر بعدم كراهة إمامة الصبي لكن في البويطي التصريح بالكراهة وهذا كله في الصبي المميز أما غير المميز فصلاته باطلة لفقدان النية
البيجوري ج:1 ص: 195
ولو كان الامام يعلم بطلان صلاة المأموم ونوى الامامة به بطلت صلاته لانه ربط صلاته بصلاة باطلة لكن قال الشيخ الجوهري لا تبطل صلاته الا ان قال اماما بهذا

Kita jama'ah dengan anak kecil apakah sholat kita sah dan dihukumi berjamaah atau tidak?

Sabilillah ditafsiri sabilil khoir bisa tidak qoul ini ?
    • Suami menuduh zina pada istri , lalu istrinya bersumpah demi alloh bahwa aku tidak pernah melakukan zina. Kemudian si istri ganti menyuruh suami untuk sumpah ternyata suami tidak mau. Kejadian itu dinamakan apa dan berakibat apa ?
    • Pembelian surat cerai itu wajib apa tidak ?
    • Bagaimana hukumnya membaca ayat alquran di dalam khutbah jumat yang terputus-putus tidak sesuai dengan tanda baca?
Mendoakan mayit tapi doanya keliru apa bisa husul apa tidak ?

Orang yang iman apa mesti bertaqwa ?
·   Masalah fidaan pada orang meninggal bagaimana ?
·   Semisal orang mati mempunyai hutang qodlo' sholat , oleh ahli waris diganti dengan beras 1 mud setiap sholat yang diqodlo'

Seperti yang diketahui jumlah dzikir fida' ada 70 ribu. Masalah terjadi ketika jumlah orang yang diundang tidak sesuai target, sehingga target 70 ribu bacaan tidak terpenuhi.
·   Kalau ternyata kurang dari target bacaan, apakah menjadi tanggungan si imam (sekalian dalilnya)?
·   Dan kalau imam tidak memenuhi dari target itu bagaimana ?


Tidak ada komentar: